Perang Kaum, permainan online gratis berbasis browser

Kamis, 02 Juni 2011

ASPEK PEMASARAN


ASPEK PEMASARAN


Tahap Pengenalan
Pada tahap ini produk yang dibuat berupa pakaia pasti belum dikenal oleh masyarakat dengan baik. Oleh karena itu akan dilakukan berbagai pendekatan yang nantinya akan berdampak baik pada kelangsungan hidup produk distro ini. Adapun berbagai cara dalam tahap pengenalan yang aka ditempuh antara lain:
1.      Menjadi sponsor dalam berbagai event yang merupakan event dimana sasaran pasar ikut dalam event tersebut. Misalnya pada kegiatan di sekolah menengah atas, yaitu festival band dan lain sebagainya. Dengan cara ini produk akan dikenal oleh para pelajar di sekolah bersangkutan dan tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan permintaan produk.
2.      Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang mengadakan pameran atau ikut membuka stan di suatu acara.Cara ini akan secara langsung mengenalkan produk kepada masyarakat yang datang mengunjungi kegiatan tersebut.
3.      Menyebarkan selebaran-selebaran di pusat keramaian seperti mall dan lain sebagainya.

Tahap Pertumbuhan Produk
Pada tahap ini produk akan mulai dicari oleh para konsumen setelah mereka tahu mengenai produk ini. Tentunya akan ada berbagai kejadian selama masa ini, misalnya kehabisan barang ataupun kelebihan barang. Maka cara yang paling benar pada masa ini adalah menyiapkan barang dalam cukup besar volumenya namun varian yang disiapkan harus beragam. Hal ini akan mengatasai masalah kekurangan barang. Kemudian mempekerjakan beberapa karyawan yang akan secara langsung menawarkan produk di disrto. Sesuai dengan urutannya, tahap ini yang merupakan tahap awal setelah dikenal masyarakat, maka promosi akan dilakukan agar menambah daya tarik masyarakat untuk membeli. Promosi yang akan dilakukan antara lain beli 5 dapat 1 gratis atau pengurangan harga.

Tahap Pertumbuhan Stabil
Pada tahap ini permintaan produk sudah mulai bisa diprediksi dengan baik. Prediksi tersebut dilakukan dengan metode peramalan secara kuantitatif dan mempertimbangkan metode kualitatif. Kedua metode tersebut akan membantu pada bagian produksi agar jumlah produksinya merupakan jumlah produksi optimum. Pada tahap ini pula akan dibuat cabang-cabang distro di berbagai wilayah yang akan meningkatkan penjualan produk.

Tahap Puncak
Tahap ini merupakan masa kejayaan dari distro. Berbagai kompetitor pastinya akan selalu ada dan tentunya berusaha menjadi “lawan”. Perbaikan dan peningkatan kualitas produk dirasakan perlu. Oleh karena itu produk harus dikembangkan dengan berbagai inovasi sesuai dengan waktu atau tren. Pada tahap ini, promosi tidak ada salahnya dilakukan kembali. Misalkan dengan adanya diskon hingga 40% dan lain sebagainya. Namun cara yang pastinya akan dilakukan adalah mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan tren masa tersebut.

Kemunduran
Pada tahap ini produk akan mulai mengalami masa sulit entah itu jumlah penjualan berkurang dan lain sebagainya. Maka perbaikan harus terus dilakukan agar kualitas produk terus terjaga. Pengembangan desain produk juga harus dilakukan untuk membuat keinginan membeli konsumen tercipta kembali. Tahap ini juga akan dilakukan kembali pengenalan produk namun tidak terlalu gencar seperti pada tahap pengenalan produk.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP