Teori permainan (game theory)
Teori permainan (game theory) yang mula-mula dikembangkan oleh ilmuan Prancis bernama Emile Borel ini, secara umum digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tindakan sebuah unit bisnis (arisbudi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Teori+Permainan.pdf).
Menurut Dimyati 2006, teori permainan (game theory) adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan perbuatan keputusan pada saat dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan atau konflik.
Menurut Dimyati 2006, model teori permainan ini dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara, bergantung pada faktor-faktor berikut:
1.Banyaknya pemaian
2.Jumlah keuntungan dan kerugian
3.Dan banyaknya strategi yang dilakukan dalam permainan
Dalam penyelesaian masalah pada teori permainan meliputi 2 klifikasi, klasifikasinya sebagai berikut:
1.STRATEGI MURNI
Penyelesaian dilakukan dengan menggunakan konsep maksimin untuk pemain baris dan minimaks untuk pemain kolom. Dalam strategi ini pemain akan menggunakan satu strategi tunggal untuk mendapat hasil optimal (emmy.staff.gunadarma.ac.id/.../TEORI+PERMAINAN+Emmy.ppt).
2.STRATEGI CAMPURAN
Strategi ini dilakukan bila strategi murni belum memberi penyelesaian optimal. Sehingga perlu dilakukan tindak lanjut untuk mendapat titik optimal, dengan usaha mendapatkan saddle point yang sama (emmy.staff.gunadarma.ac.id/.../TEORI+PERMAINAN+Emmy.ppt).
Study kasus
0 komentar:
Posting Komentar